Friday, December 18, 2009

Shift + R dan Shift + A untuk memperbaiki kualitas image pada browser Mozilla Firefox

Sekitar 1 bulanan ini saya agak terganggu dengan tampilan image yg nge-blur ketika browsing di internet. Setiap image yg ada di semua website yg saya akses terdisplay dengan kualitas yg sangat "jelek" seolah settingan warna dalam posisi 256 colours. Sangat mengganggu, image tidak fokus, pecah2 dan warnanya sangat tidak true-colours. Akan muncul notifikasi yg kurang lebihnya begini "Press Shift + R to improves the quality of this images or Shift + A to improves the quality of the whole images" ketika saya letakkan kursor di atas sebuah image pada suatu halaman web.

Sebagai informasi saya memakai browser Mozilla Firefox versi 5.0, dengan kartu XL unlimited sebagai koneksi internet saya. Tapi masalah diatas tidak saya alami ketika saya memakai kartu dari provider lainnya. Sebagai info tambahan, di daerah rumah saya sinyal XL maksimal mencapai 3G/UMTS saja. Saya curiga masalah ada pada ISP yang saya pakai. Namun saya tidak menemukan satupun cara untuk memecahkan masalah saya.



Setelah sempat pasrah dan membiarkan sekian waktu browsing dengan kualitas image apa adanya, akhirnya saya mencoba untuk googling dengan memasukkan keyword "Shift + R", dan saya menemukan ini

Secara garis besar kasus yang dihadapi penulis artikel serupa dengan yang sedang saya alami. Walaupun ISP yg kami pakai sama sekali beda. Tapi ketika saya terapkan apa yg dia tulis, tada... masalah teratasi, notifikasi itu udah tidak pernah muncul lagi, dan images pun tampil true colours hihi...

Berikut langkah2 yang harus dilakukan (khusus browser firefox) :

1. masup ke sini
2. add and install tuh add-on "modify headers" buat firefox
3. setelah diinstall jgn lupa restart firefoxnya
4. masuk Tools -- Modify headers
5. pilih "add" pada drop down menunya
6. tuliskan "Cache-Control" pada box pertama, dan tuliskan "no-cache" di box ke-2 (klik gambar biar gede)



7. klik tombol Add kemudian klik tombol Enable All
8. tutup Modify Headers nya dan coba akses website2 bergambar
9. beda banget kan? tampilan images udah kembali normal

Silahkan dicoba

12 comments:

  1. makanya jangan pake firefox (ninja)

    ReplyDelete
  2. eh.eh.... header blognya keren bener..... nemu di mana tuh? (evilsmirk)

    ReplyDelete
  3. @mpuss koq ndak bilang punya blog? (doh) klo ndak pake firefox trs pake apaan donk aku?

    ReplyDelete
  4. @ipied eh... aku abis dibikinin ma anak desain lho header image ini, dia bilang sih biasa aja... ndak bagus2 amad (tongue)

    ReplyDelete
  5. aQ dah coba caranya.,.,tpi kok TETEP g bsa y ??.,.,Image ny tetep buRam gtu.,.,kLo pny SOLUSI.,.,tlONG KRIM k EMAIL aQ y ..,.,

    one_itoru@yahoo.com

    Mkasihh

    ReplyDelete
  6. @iToru : browsernya firefox? koneksi internetnya pake ISP apa? coba deskripsikan masalahnya, mungkin saya bisa bantu...

    ReplyDelete
  7. Anonymous11:12 PM

    Setelah Cache-Control = no-cache tambahkan juga Pragma = no-cache

    ReplyDelete
  8. @atas saya : thx udah ditambahin, hihi... \m/

    ReplyDelete
  9. aku juga ngalamin ini nih..
    "pragma" ditambahin di kotak sebelahnya ya..?
    thanks..

    ReplyDelete
  10. Anonymous4:36 PM

    gw tetep aja ni blur gitu =_=)

    gw pke browser Firefox dan google chrome

    internetnya pke XL unlimited

    ReplyDelete
  11. gw juga ngalamin nih, tapi baru2 aja. emang sejak pake xl-unlimited yg APN-nya xlunlimited (sblmnya pake APN xl.co.id (atau xlgprs ya? lupa..) ga masalah, tapi trs musti diganti jadi xlunlimited itu). searching2 nemu tips dari links yg elo kasih & nemu blog ini juga. gw praktekin, tapi kok masih ngeblur yak? kadang2 bagus, tapi lebih sering ngeblurnya. browser yg gw pake firefox & chrome. gimana tuh? ada cara lain?
    *sambil searching2 lagi*

    ReplyDelete
  12. @all : apa yg saya tulis adalah apa yg saya alami pada saat itu, dan settingan saya diatas terbukti "manjur" (bagi saya), apabila kalian semua merasa tips saya ga ngefek buat kalian... mungkin ada faktor2 lain sampe jadi gt.
    Dari yang saya baca, hal ini memang settingan dari ISP nya yg membuat gambar2 / image2 blur ketika terdisplay di web, karena ini bisa mengurangi beban di ISP nya (beban bandwidth terutama), so moga bisa dimengerti dan tetep... CMIIW ya... \:D/
    FYI... Sekarang saya pake XL koq... tp bukan yg unlimited, dan tanpa settingan macem2 saya ga mengalami masalah dengan image yg ada di web2

    ReplyDelete